spot_imgspot_img

Tomohon, Kota Kembang yang Sesungguhnya

Bandung di Provinsi Jawa Barat memang dikenal sebagai Kota Kembang. Tapi, Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara adalah representasi harafiah dari sebuah kota bunga. Lanskap hijau pegunungan dan warna-warni bunga tak akan habis dipandang mata.

Tomohon hadir untuk melengkapi kekayaan lanskap Provinsi Sulawesi Utara. Terlepas dari Taman Laut Bunaken yang merajai keindahan bahari, provinsi ini juga mempunyai dataran tinggi berpagar gunung-gunung megah.  Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Gunung Soputan  menjadi latar pemandangan  kota  Tomohon.

Tomohon terletak 22 kilometer sebelah timur Kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Gemburnya tanah vulkanis membawa cerita tentang sebuah kota yang ditumbuhi banyak tumbuhan terutama bunga. Tampaknya mustahil halaman rumah warga tidak ditumbuhi bunga-bunga beraneka warna. Perpaduan warna merah, putih, kuning, oranye, hingga ungu mempercantik tiap sudut kota.

Tomohon adalah satu dari segelintir kota di Indonesia yang punya nuansa pedesaan. Jalanan tak terlalu lebar, kendaraan tak terlalu banyak, udara sejuk, lanskap hijau pegunungan, bunga di pekarangan, hingga kearifan masyarakat yang luhur.

Perkampungan Flora yang terletak di Kecamatan Tomohon Utara adalah bukti potensi agrowisata kota ini. Mengutip situs resmi Kota Tomohon, Selasa (12/6/2012), ada beragam tanaman hias dalam pot serta bunga potong yang dijual di kios-kios. Di tempat ini juga terdapat hotel dan resor dengan pemandangan dua gunung aktif, Lokon dan Mahawu.

Saksi lain berlimpahnya bunga di Tomohon adalah Bukit Inspirasi, satu kilometer jauhnya dari pusat kota. Dari puncak bukit Inspirasi ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Tomohon dan kemegahan Gunung Lokon yang tanahnya membawa kemakmuran bagi masyarakat setempat. Ini adalah tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat.

Dua lokasi itu hanya segelintir dari beberapa tempat wisata di Tomohon. Ada Gunung Mahawu dengan danau kawah berwarna hijau, serta Danau Linow yang airnya berkadar belerang tinggi. Ada Hutan Wisata Lahendong yang dikelilingi sumber mata air panas bercampur lumpur belerang alami.

Air Terjun Tapahan Telu Tinoor hadir dengan aliran air yang yang terpecah jadi tiga. Gereja Sion yang merupakan bangunan bekas kolonial Belanda masih berfungsi baik sebagai tempat beribadah. Sementara Pasar Tomohon, adalah pasar paling besar di Kabupaten Minahasa. Di sini dijual beragam daging mulai dari sapi, babi, anjing, tikus, hingga kelelawar.

Tenang saja, Anda tak perlu makan apa yang dikonsumsi oleh masyarakat lokal. Coba cicipi pisang goreng dan jagung rebus, dengan sambal dabu-dabu yang setia jadi pendampingnya.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Prancis atau Belanda untuk mencari kota bunga. Bagi masyarakat Tomohon, bunga bukan sekadar indah. Bunga adalah sumber kehidupan dan kemakmuran mereka.

Tahun ini tepatnya pada bulan Agustus 2012, Kota Tomohon akan menyelenggarakan Tomohon Internasional Flower Festival, dengan berbagai kegiatan diantaranya Tournament of Flowers, Putri Bunga, Pameran Bunga.

Oleh: Sri Anindiati NursastridetikTravel (dengan penyesuaian)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansLike
2,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts