spot_imgspot_img

Gunung Mahawu Milik Dua Daerah

Gunung Mahawu (1.324 Dpl) berada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pemandangan dari puncak (kawah) gunung ini sangat indah.

Nah, tahukah Anda, apabila gunung berapi ini berada di dua wilayah, yakni Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya tapal batas (PABU) antara kedua daerah itu di pinggir kawah Gunung Mahawu.

kawasan Gunung Mahawu dioptimalkan Pemerintah Kota Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Tomohon. Berbagai fasilitas telah dibangun di kawasan itu. Sementara Pemerintah Kabupaten Minahasa terkesan belum mengoptimalkan kawasan gunung yang masuk dalam wilayahnya.

Penduduk di kaki Gunung Mahawu, yakni yang bermukim di Kelurahan Rurukan, Rurukan I dan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur memanfaatkan tanah yang subur dengan menanam berbagai jenis sayur-sayuran.

Hortikultura di Rurukan dan Kumelembuai dengan latar belakang pemandangan Danau Tondano, Selat Lembeh, Gunung Klabat, Kota Manado dan Kota Tomohon menjadi magnet bagi wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisman) berbondong-bondong datang ke Kota Tomohon.

Dan, ketika berada di puncak atau Gunung Mahawu, wisatawan dapat menikmati indahnya kawah dengan air yang jika diterpa sinar matahari terlihat berwarna-warni, dengan aroma belerang. Malah, ketika cuaca cukup baik, pelancong akan disuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang indah. (https://www.publikreport.com)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansLike
2,583FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts